Konsultasi Usaha Digital Printing Gratis
Penyebab print head digital printing clogging

Sebelum lebih lanjut, mungkin ada yang belum tau apa itu Clogging. Clogging adalah tidak sempurnanya print head  dalam mengeluarkan tinta yang dapat menimbulkan garis tips pada hasil cetak.

Clogging terjadi apabila adanya garis putih sewaktu check nozzle atau mencetak, yang menandakan ada daerah yang tidak tercetak karena tidak mengeluarkan tinta, terhalang kerak tinta atau masalah pada nozzle print head tersebut.

Beberapa Sebab Clogging diantaranya :

1. Clogging karena Shorting atau korslet pada print head

Pentingnya merawat mesin dari sisi kelistrikan adalah untuk hal yang satu ini. jangan ambil resiko anda menjalankan mesin tanpa menggunakan daya tambahan, karena ketika mesin sedang berjalan dan tiba-tiba listrik padam atau listrik spaning (Tegangan listri naik dan turun), hal ini sangat berakibat buruk untuk perangkat elektronik manapun tidak terkecuali mesin digital printing dan khususnya print head. Maka dari itu, kami selalu menyarankan kepada setiap pengusaha digital priting untuk menyiapkan tenaga listri tambahan yang fungsinya untuk mengantisipasi masalah ini. harga alat tersebut tidak lah seberapa di bandingkan investasi digital printing anda.

2. Cloggin Permanen

Cloggin permanen biasanya terjadi karena kerusakan pada print head itu sendiri yang mengganggu kinerja dari nozzle. biasanya permukaan paling luar pada print head sudah rusak, akibat gesekan atau hal lain yang dapat menyumbat bahkan merusak nozzle itu sendiri. disini di butuhkan perawatan yang teliti dan maksimal.

3. Cloggin karena negative pressure yang tidak tepat pada posisinya

Sebagai contoh, pada printer kecil, bila posisi head nya tidak rata saja akan menghasilkan hasil cetak yang kurang baik apa lagi mesin digital printing seperti ini. jadi pastikan sebelum anda menjalankan mesin untuk mencetak, posisi Negatice Pressure sudah tepat pada posisi nya.

4. Cloggin karena distribusi tinta yang mengalami masalah

Biasanya hal ini terjadi karena head tidak di rawat, habis pakai langsung di matikan atau di tinggal, padahal pembersihan atau cleaning print head itu berfungsi untuk membersihkan sisa sisa tinta yang masih ada pada selang tinta dan di dalam print head itu sendiri, agar bila kondisi mesin mati, tinta tersebut tidak kering yang bisa menjadi kerak dan dapat meninmbulkan kemampetan arus tinta bahkan menyumbat nya.

Masalah voltase print head nya juga bisa menyebab kan cloging. untuk melihat kesehatan print head bila menemui clogin adalah, saat print head di cleaning dan hasil cetak masih bagus, berarti tidak ada masalah pada head tersebut. namun bila saat print head sudah di cleaning dan masih terdapat garis saat mencetak, berarti salah satu faktornya adalah settingan yang kurang pas.

Namun bila cloging nya permanen, misalkan hasil di bersihkan atau di cleaning print head nya masih tetep clogin atau bergaris itu indikasinya print head sudah mengalami masalah, masalah nya seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Perawatan hal terpenting

Semua sumber masalah di atas bersumber dari cara perawatan mesin dan print head nya. bila perawatan yang di lakukan benar, kecil sekali kemungkinan masalah di atas akan terjadi. namun bila perawatan mesin atau print head nya asal saja, bahkan ada juga yang mengabaikan hal ini maka jangan heran bila masalah di atas akan bermunculaan suatu saat.

Konsultasi Usaha Digital Printing
Konsultasikan rencana usaha digital printing anda dengan tenaga ahli kami. Supaya Laysander dapat membantu anda dengan maksimal mohon memberikan informasi melalui formulir dibawah atau menghubungi (021) 5316 1450
1000 karakter kiri

Who's Online

Kami memiliki 37 tamu dan tidak ada anggota online

Laysander News & Info

Berita Terkini

  1. Pameran Allprint di PRJ - Kemayoran Jakarta - 6 - 9 November 2013
  2. Pameran FGD di JCC Expo 2013 - 26-29 September 2013
  3. Mengapa banyak orang memilih Laysander? simak testimoni dari para pengguna produk dan jasa dari Laysander.
  4. Konsultasi bisnis digital printing GRATIS apabila anda ingin merintis usaha digital printing, konsultasikan dulu dengan ahlinya. "Salah langkah dapat berakibat fatal"
  5. Bingung memilih mesin mana yang cocok, anda dapat konsultasi GRATIS mesin digital printing agar anda tidak salah pilih. Jangan buru-buru menentukan pilihan sebelum mengetahuinya.
  6. Apa saja sih kebutuhan investasi usaha digital printing, simak informasi lengkap tentang segala kebutuhannya.
  7. Hmm... berapakah harga mesin digital printing?
  8. Ingin selalu up to date? Daftarkan diri anda sekarang juga agar selalu mendapatkan email terbaru seputar industri digital printing.
  9. Tips memilih mesin digital printing yang cocok?
  10. Pameran Internasional Liyu In Dubai