Usaha Cutting Sticker

Saat ini usaha cutting sticker mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bisnis ini diyakini sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan, terutama banyak perusahaan maupun industri yang 

membutuhkan jasa cutting sticker. Sebagaimana bisnis-bisnis yang lain, usaha cutting sticker juga membutuhkan modal, keahlian dan kemampuan yang sepadan untuk memulai roda usahanya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja investasi yang diperlukan sejak awal memulai usaha. Tujuannya agar anda dapat melakukan perhitungan modal sekaligus memperhitungkan untung rugi, bahkan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Alat-alat atau investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha cutting sticker antara lain: 

Memilih Mesin Cutting Berkualitas

Lalu, bagaimana cara menemukan mesin cutting sticker dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran? Tidak terlalu sulit. Setidaknya, anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Motor yang digunakan
  2. Kesesuaian dengan kebutuhan
  3. Area Potong
  4. Fitur-fitur tambahan
  5. Layanan purna jual

Bahan atau Media

Pada setiap aplikasi yang dihasilkan oleh mesin cutting sticker, media-nya bisa berbeda-beda dari jenis hingga ukuran ketebalan. Pada intinya media yang banyak digunakan untuk usaha cutting sticker adalah sebagai berikut:

1. Bahan Sticker

Bahan ini adalah bahan yang paling umum dipotong oleh mesin cutting sticker dan paling banyak digunakan pengusaha di Indonesia. Bahan ini memiliki beraneka macam warna dan merk, diantaranya merk 3M, asahi, oracal, kiwalite dan masih banyak lagi merk yang lain. Usaha yang menggunakan bahan ini contohnya, usaha yang memproduksi sticker tempel yang sudah jadi, dari sticker kecil sampai ukuran besar, usaha custom design sticker mobil dan motor, usaha pembuatan neon box, usaha rambu-rambu, usaha design interior, usaha pembuatan plat nomor mobil dan motor dan lain-lain.

2. Bahan Polyflex

Bahan yang ini urutan kedua paling banyak digunakan dan dipotong oleh mesin cutting sticker. Bahan ini juga memiliki beraneka macam warna dan merk, untuk merk bahan ini di Indonesia dikelompokan menjadi dua yaitu merk China dengan harga yang lebih murah dan merk Korea dengan harga lebih mahal dengan kualitas lebih baik. Usaha yang menggunakan bahan ini contohnya usaha sablon press kaos dan usaha sablon press topi.

3. Bahan Sandblast Polos

Bahan ini hanya ada beberapa warna yaitu, putih es, hijau, pink, biru dan coklat. Tapi yang biasa dipakai adalah warna putih es. Usaha yang menggunakan bahan ini adalah jasa design dan penempelan bahan sandblast ke kaca, sebelum proses penempelan biasanya bahan ini dipotong dulu dengan mesin cutting sticker sesuai dengan design yang dibuat.

4. Bahan Kertas dan Karton

Bahan ini jenisnya banyak sekali jenisnya dan warnanya, semuanya bisa dipotong oleh mesin cutting sticker kecuali untuk jenis bahan yang tebal. Yang menggunakan bahan ini adalah usaha sablon press kaos dengan bahan kertas transfer paper, usaha pembuatan kartu undangan dengan memotong bahan untuk membuat motif-motif.

Tempat Usaha

Ada baiknya tempat usaha dipilih dan ditetapkan pada lokasi yang strategis. Terutama yang ramai dilalui kendaraan bermotor. Kalau bisa cari lokasi yang belum ada pemain, kompetitor atau saingan usaha cutting sticker anda. Lokasi yang ramai mempercepat proses pengenalan gerai usaha cutting sticker anda. Kemudian pasang besar-besar banner, spanduk, atau baliho, kalau perlu desain menarik agar usaha cutting sticker milik anda bisa dilihat orang. Ruang usaha yang diperlukan untuk usaha ini tidak harus besar, namun pastikan ada ruang produksi untuk pemotongan sticker, penempatan stock bahan, dan ruang counter terima tamu. Lalu pastikan tempat usaha anda bisa dimasuki kendaraan, minimal bisa masuk motor atau lebih bagus bisa masuk mobil. Sebab akan sangat mengganggu dan kurang baik bila proses pemasangan sticker pada pelanggan anda dilakukan di badan jalan, hal ini bukan mempengaruhi lalu lintas saja, akan tetapi kenyamanan pelanggan juga akan terusik. Namun untuk awal, minimal tempat anda bisa dimasuki sepeda motor.

Komputer (Core i3 RAM 2GB)

Komputer juga diperlukan dalam bisnis ini, tepatnya untuk proses desain. Dengan spesifikasi minimal yaitu (Prosesor Core i-3, lebih tinggi lebih bagus, dan memory atau RAM yang besar, minimal 2 GB, lebih besar lebih bagus).

Software Design

Sudah pasti sangat butuh ini, karena produk yang kita hasilkan berhubungan dengan desain bila anda menyediakan jasa desain sendiri, maka sediakan lah software pengolah gambar atau design grafis seperti Adobe khususnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Freehand, serta program cutting sticker semacam Art Curt dan Casmate atau Rolland harganya sekitar 5-6 jutaan.

Orang Design

Bila anda menginginkan kualitas sebagai pembeda antara usaha cutting sticker anda dengan orang lain, maka hadirkanlah kualitas tersebut dari seluruh aspek, salah satunya adalah tenaga kerja yang profesional, mahir, yang dapat menghasilkan design yang indah, bagus dan elegan. Dengan add value atau nilai tambah yang anda berikan ini, akan sangat mungkin anda akan mudah mendapatkan pelanggan tetap.

Peralatan Penunjang Bisnis Cutting Sticker

Membeli perlengkapan penunjang kerja usaha cutting sticker, misalnya, kamera digital, scanner, mesin pencetak (printer) lebih bagus lagi mesin digital printing. Hingga perkakas cutting sticker semisal, gunting, pinset, selotip transparan, dan lain-lain. Semua alat ini diperlukan sebagai penunjang untuk bekerja dan berkreasi. 

Gerai Display Sticker

Mempersiapkan gerai display di tempat usaha anda. Untuk menambah minat konsumen, terkadang kita dapat menjual sticker jadi dari desain populer, jadi jangan hanya berharap pada pesanan saja.

Operator

Tenaga kerja yang mengoperasikan mesin secara langsung harus anda pilih orang yang teliti, bertanggung jawab dan mengerti tentang pengoperasian mesin itu sendiri. Karena, bila operator orang yang jorok, dalam artian tidak teliti dalam bekerja, tidak bertanggung jawab terhadap mesin misalkan habis menggunakan mesin, mesin tidak di bersihkan dsb, ini tidak memperpendek usia mesin itu sendiri. Karena banyak orang yang bertanya kepada kami, tentang berapa lama umur mesin atau umur komponen tertentu, jawaban yang kami dapatkan langsung dari hasil realita, adalah mesin yang di tangani dengan baik, selalu di bersihkan sehabis pakai, intinya di rawat sebaik mungkin setiap harinya, rata-rata usia pakainya lebih lama di bandingkan dengan orang yang tidak terlalu perduli tentang mesin itu sendiri. Jangan coba-coba, kami sudah mengingatkan, apabila anda merasa himbauan ini tidak di laksanakan, akan datang konsekuensinya, pasti!

 

Video Print & Cut dengan Liyu TC

 

jika anda masih bingung, kami anjurkan konsultasi usaha cutting sticker, gratis

 

Laysander News & Info

Berita Terkini

  1. Pameran Allprint di PRJ - Kemayoran Jakarta - 6 - 9 November 2013
  2. Pameran FGD di JCC Expo 2013 - 26-29 September 2013
  3. Mengapa banyak orang memilih Laysander? simak testimoni dari para pengguna produk dan jasa dari Laysander.
  4. Konsultasi bisnis digital printing GRATIS apabila anda ingin merintis usaha digital printing, konsultasikan dulu dengan ahlinya. "Salah langkah dapat berakibat fatal"
  5. Bingung memilih mesin mana yang cocok, anda dapat konsultasi GRATIS mesin digital printing agar anda tidak salah pilih. Jangan buru-buru menentukan pilihan sebelum mengetahuinya.
  6. Apa saja sih kebutuhan investasi usaha digital printing, simak informasi lengkap tentang segala kebutuhannya.
  7. Hmm... berapakah harga mesin digital printing?
  8. Ingin selalu up to date? Daftarkan diri anda sekarang juga agar selalu mendapatkan email terbaru seputar industri digital printing.
  9. Tips memilih mesin digital printing yang cocok?
  10. Pameran Internasional Liyu In Dubai
Konsultasi Usaha Digital Printing
Konsultasikan rencana usaha digital printing anda dengan tenaga ahli kami. Supaya Laysander dapat membantu anda dengan maksimal mohon memberikan informasi melalui formulir dibawah atau menghubungi (021) 5316 1450
1000 karakter kiri

Who's Online

Kami memiliki 39 tamu dan tidak ada anggota online