Penawaran Harga

Printer UV


Printer UV adalah varian dari mesin digital printing yang menggunakan tinta UV (Ultra Violet), tinta tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan tinta solvent / eco solvent / dye yang umum di pakai. Beberapa perbedaan menyolok dari tinta UV adalah:

 Tinta UVTinta Solvent / Eco SolventTinta Dye
Material : dapat digunakan untuk mencetak di bermacam-macam bahan bukan hanya bahan outdoor & indoor, namun dapat juga untuk mencetak di bahan Kaca, Acrylic, Kayu, Keramik, Aluminium, Stainless, stiker 3M, dan masih banyak lagi. untuk aplikasi di seluruh media outdoor, seperti flexy, sticker, one way vision, wallpaper, pvc banner, mesh, photopaper, backlit film, dll Umum digunakan oleh mesin digital printing indoor untuk bahan pp paper (Albatros), sticker indoor, photopaper, backlit film, dll
Cara Pengeringan : Tinta UV tidak mudah kering, baru akan melekat dan kering di permukaan material setelah disinari dengan lampu UV Kering setelah beberapa saat dan di bantu dengan menggunakan heater / kipas pengering. Kering setelah beberapa saat dan di bantu dengan menggunakan heater / kipas pengering.
Maintenance / Perawatan Head : Oleh karena karakteristik tinta yang tidak mudah kering, perawatan head relatif lebih mudah, hanya perlu menutup head tanpa perlu memberikan solution / cairan pembersih apabila tidak di pakai dalam jangka pendek. Untuk libur panjang, sebaiknya head dibersihkan. Head sebaiknya dibersihkan & di isi dengan cairan solution / cairan pembersih dan kemudian menutup head dengan di sertai tissue yang di basahi oleh cairan pembersih. Pastikan head selalu dalam kondisi basah (tidak boleh kering). Pembersihan head hanya dengan menggunakan kanebo / tissue yang di basahi dengan air. Namun umur head paling pendek dan lebih sering ganti.


Printer UV memiliki beberapa varian bergantung pada aplikasinya:

  1. Roll to Roll: menggunakan media yang digulung dalam rol seperti mesin digital printing pada umumnya. Umum untuk mencetak iklan dengan mengunakan media outdoor terutama bagi anda yang mempunyai order banyak dengan biaya perawatan yang lebih rendah. Adapula untuk mencetak di mika / plastik transparant.
  2. Flatbed: untuk mencetak material yang kaku / padat seperti kaca, kayu, acrylic dll. Terdapat 2 jenis adopsi teknologi untuk mesin flatbed:
    • Pada mulanya dengan menggunakan sistem belt / ban berjalan. Media diletakan di atas ban berjalan kemudian melewati print head yang bergerak ke kiri dan ke kanan. Teknologi ini memiliki kelemahan di ketahanan belt tersebut, terutama menggunakan material yang berat sehingga belt tersebut mudah mulur.
    • Oleh karena itu, dibuatlah printer flatbed uv dengan meja yang kokoh. Dimana material diletakan di atas meja dan disedot dengan vacuum agar tidak bergerak. Untuk mencetak print head dapat bergerak 3 arah (maju mundur, kiri kanan dan naik turun).


Untuk keterangan lebih lanjut mengenai printer uv yang cocok untuk kebutuhan anda, silahkan menghubungi salah satu tim konsultan kami.

mesin digital printing outdoor

Mesin Digital Printing Eco Solvent