Apa itu ac servo motor ?

Servo motor, yang juga dikenal sebagai control motor, merupakan sebuah perangkat atau aktuator putar (motor). Motor tersebut dirancang dengan sistem kontrol feedback loop yang tertutup (servo), sehingga dapat diatur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari poros output motor. Prinsip kerja servo motor mirip dengan motor elektromagnetik lainnya, tapi susunan dan cara kerjanya berbeda. Dayanya bervariasi dari beberapa watt sampai ratusan watt. Servo motor digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari radar, komputer, sistem pelacakan, peralatan mesin, dan lain sebagainya. Servo motor dibagi menjadi dua, AC dan DC servo motor.

Servo motor DC lebih cocok digunakan pada aplikasi yang lebih kecil, sementara servo motor AC cocok digunakan untuk mesin-mesin industri. Hal ini dikarenakan servo motor AC bisa menangani arus yang lebih tinggi atau beban berat. Servo motor AC sendiri dibagi menjadi dua tipe, 2 phase (untuk aplikasi berdaya rendah) dan 3 phase (untuk aplikasi dengan sistem daya tinggi).

Prinsip Kerja Servo Motor

Untuk cara kerjanya, servo motor dikendalikan dengan memberikan Pulse Wide Modulation / PWM melalui kabel kontrol. Durasi “denyut” (pulse) yang diberikan akan menentukan posisi sudut putaran dari poros motor servo. Contohnya nih, durasi “denyut” dengan waktu 1,5 ms (mili detik) akan memutar poros motor servo ke posisi sudut 90⁰. Bila pulsa lebih pendek dari 1,5 ms maka akan berputar ke arah posisi 0⁰ atau ke kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Sementara itu, bila pulsa yang diberikan lebih lama dari 1,5 ms maka poros motor servo akan berputar ke arah posisi 180⁰ atau ke kanan (searah jarum jam).

Ketika durasi “denyut”nya telah diberikan, maka poros motor servo akan bergerak dan bertahan di posisi yang telah diperintahkan. Jika ada yang mencoba memutar atau mengubah posisi tersebut, maka motor servo akan mencoba menahan atau melawan dengan besarnya kekuatan torsi yang dimilikinya (rating torsi servo). Namun posisi motor servo tidak akan seterusnya diam saja, karena sinyal “denyut”nya harus diulang setiap 20 ms (mili detik) untuk menginstruksikan agar ia tetap pada posisinya.

Sumber: cicuitglobe.com/servo-motor.html

Konsultasi Bisnis

GRATIS
Jangan buru-buru memulai usaha
sebelum anda konsultasi dg ahlinya
(021) 5316 1450
1000 karakter kiri