Kirim Pesan
bisnis usaha cutting sticker

Hai Sahabat Laysander, apa Anda sudah tahu tentang bisnis cutting sticker? Iya, kalau Anda perhatikan, bisnis satu ini “tidak ada matinya” ya, karena ada terus dan justru semakin menjamur. Penyebabnya tak lain tak bukan karena bisnis cutting sticker ini modalnya cukup terjangkau dengan keuntungan cukup besar. Modalnya cukup mesin cutting, komputer, dan bahan stickernya, jauuh lebih murah dibanding bisnis digital printing nih tentunya. Tapi, apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha satu ini?

Saat ini usaha cutting sticker mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bisnis ini diyakini sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan, terutama banyak perusahaan maupun industri yang membutuhkan jasa cutting sticker. Sebagaimana bisnis-bisnis yang lain, usaha cutting sticker juga membutuhkan modal, keahlian dan kemampuan yang sepadan untuk memulai roda usahanya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja investasi yang diperlukan sejak awal memulai usaha. Tujuannya agar anda dapat melakukan perhitungan modal sekaligus memperhitungkan untung rugi, bahkan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Alat-alat atau investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha cutting sticker antara lain:

Mesin Cutting

Sesuai namanya, mesin satu ini berfungsi untuk memotong stiker atau pun bahan lain yang kamu miliki. Ada begitu banyak di pasaran, jadi komponennya bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih salah satunya. Komponen itu misalnya saja motor yang digunakan, area potong, software yang digunakan, sampai layanan purna jual terbaik. Mesin cutting yang digunakan dan dirawat dengan baik memang tidak mudah rusak. Tapi tetap saja, seperti barang elektronik apa pun yang tidak 100% “kebal” kerusakan, berjaga-jaga dengan bijak memilih supplier adalah langkah terbaik.

Bahan atau Media

Bahan dan media yang bisa dipotong di mesin cutting ini bisa beragam, mulai dari jenis sampai ketebalannya. Umumnya, bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:

Pada setiap aplikasi yang dihasilkan oleh mesin cutting sticker, medianya bisa berbeda-beda dari jenis hingga ukuran ketebalan. Pada intinya media yang banyak digunakan untuk usaha cutting sticker adalah sebagai berikut:

1. Sticker

Ini adalah yang paling umum digunakan, dan bisa memiliki bermacam warna dari berbagai supplier. Produk jadinya bisa berupa sticker tempel kecil dan besar, stripping motor, dan car signage, serta lain sebagainya.

2. Polyflex

Bahan berikutnya yang juga umum digunakan, biasanya hasilnya untuk dipress ke kaos, jersey, atau pun celana dan bisa dibentuk menjadi gambar maupun tulisan.

3. Sandblast

Kalau pernah melihat kaca yang sebagiannya tertutup stiker yang membuatnya buram, nah itu sebenarnya adalah bahan sandblast. Sebelum ditempel ke kaca, bahan satu ini bisa dicutting terlebih dahulu menjadi bentuk yang diinginkan.

4. Kertas dan karton

Ya, kertas yang tebal dan karton juga bisa dipotong dengan mesin cutting ini, misalnya saja untuk memotong motif undangan.

Tempat Usaha

Tidak seperti usaha mesin digital printing yang butuh ruangan cukup besar, usaha cutting sticker membutuhkan ruangan relatif kecil. Pastinya harus cukup untuk menampung mesin cutting, serta stok bahan Anda ya. Pastikan juga lokasinya strategis, boleh juga di dekat tempat-tempat percetakan digital printing. Tapi, sebisa mungkin pastikan di lokasi tersebut belum ada pemain atau kompetitor usaha cutting sticker. Pastikan tempat Anda nyaman, dan tidak ada salahnya “pamerkan” hasil-hasil cutting usaha Anda di gerai display, untuk menarik pelanggan. Oh ya, pastikan juga Anda memiliki halaman depan yang cukup luas untuk pemasangan stripping motor maupun car signage.

Komputer dan Software

Untuk pengoprasian mesin, dibutuhkan 1 unit komputer, dengan spesifikasi minimal Prosesor Core i-3 (lebih tinggi lebih baik) dan memory atau RAM yang besar minimal 2G (tentunya lebih besar lebih baik). Pada saaat Anda membeli mesin cutting sticker, kami juga akan memberikan software untuk menjalankan mesinnya, yaitu Sign Master. Penting juga untuk melengkapi juga komputer Anda dengan software pengolahan gambarnya (Adobe Photoshop, Freehand, Corel Draw, atau lainnya).

Peralatan Penunjang Bisnis Cutting Sticker

Sebenarnya mesin cutting dan medianya saja sudah cukup dan standar untuk memulai usaha cutting sticker ini. Tapi, alangkah baiknya kalau Anda bisa menambahkan beberapa perlengkapan penunjang kerja usaha ini. Mulai dari ATK seperti cutter, gunting, dan selotip, sampai scanner dan printer (lebih baik lagi kalau bentuknya mesin digital printing).

Tim Design & Operator Mesin

Tim yang mahir di bidangnya merupakan investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah tim design yang mampu membantu klien Anda dengan baik, menghasilkan design yang indah dan sesuai. Di samping itu, operator mesin yang handal juga membantu Anda memperpanjang usia mesin, dan berhemat. Ya, operator yang cekatan dan teliti akan memastikan cetakan yang dihasilkan bisa efektif dan efisien, tidak perlu berkali-kali salah dan membuang bahan. Terlebih, jika operator tidak teliti dalam menangani mesin, bisa ada banyak kerusakan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Meskipun semua spare part-nya sama, mesin yang dirawat dengan baik dan telaten umurnya akan jauh lebih panjang lho!

Video Print & Cut dengan Liyu TC

Konsultasi Bisnis

GRATIS
Jangan buru-buru memulai usaha
sebelum anda konsultasi dg ahlinya
(021) 5316 1450
1000 karakter kiri