Kirim Pesan

Seperti Apa Pangsa Pasar Dalam Bisnis Digital Printing?

Seperti Apa Pangsa Pasar Dalam Bisnis Digital Printing?

Halo Sahabat Laysander! Kali ini, kami mau berbagi info seputar pangsa pasar bisnis digital printing, yang tentunya penting untuk diperhatikan Anda yang sudah atau akan menjalankan usaha ini ya. Sederhananya, pembahasan ini mengacu ke pertanyaan “Ke mana saya harus menawarkan atau menjual hasil cetakan?”, “Apa yang pasar butuhkan?”, “Apa yang bisa saya tawarkan?”, apa Anda tahu jawabannya?

Kalau Anda bisa jawab semua pertanyaan itu, tentunya menjalankan bisnis digital printing akan jadi lebih jelas dan terarah. Ibaratnya, Anda tahu jelas tujuannya mau ke Bandung dan berangkat dari Jakarta, ya tinggal pilih moda transportasi yang paling cocok untuk Anda, sesuai budget dan kenyamanan. Jelas, Anda tidak perlu “meraba” lagi produk apa yang harusnya Anda hasilkan, atau promosi apa yang harusnya Anda lakukan, karena semua sudah jelas tujuannya. Ada buanyak sekali jenis media promosi di berbagai bidang jasa maupun produk, salah satunya ya untuk memasarkan bisnis digital printing ini. Tentunya manfaat promosi dan marketing yang baik ini sangat besar, karena dari situ konsumen Anda, dan kami, bermula.

Bisa menawarkan jawaban yang sesuai untuk kebutuhan target market = dapat orderan banyak = untung besar = sukses, begitu sih teorinya, prakteknya sedikit lebih rumit, tapi bukan berarti mustahil!

Retail/  Reseller

Pangsa pasar yang pertama adalah dengan menjadi bisnis digital printing retail. Order yang Anda dapatkan bisa berasal dari customer perseorangan, maupun dari broker, reseller, atau sales freelance yang tidak memiliki mesin. Untuk pangsa pasar satu ini, kelebihannya adalah pembayaran dengan metode cash, jadi cash flow Anda tidak akan terganggu.

Kalau bingung mau mulai dari mana, Anda bisa membuka bisnis digital printing ini di lokasi dekat bisnis digital printing yang sudah besar, atau di daerah yang memang terkenal sebagai tempat percetakan (misalnya Kalibaru di Jakarta). Dengan begitu, berbagai pengunjung yang datang ke lokasi tersebut akan melihat juga keberadaan bisnis Anda. Jika tempat tersebut sedang penuh, atau jika Anda bisa memberikan penawaran yang lebih baik, bukannya mustahil jika pelanggan dari tempat lain juga akan mencetak di tempat Anda. Ingat, penawaran tidak melulu soal harga kok, tapi juga kualitas cetakan dan pelayanan yang Anda berikan. Karena itu, pastikan Anda menggunakan pula mesin yang sesuai dengan kapasitas produksi.

Setelah menguasai pangsa pasar satu ini, maka “jalan” Anda menuju pangsa pasar lainnya pun akan terbuka, misalnya untuk pangsa pasar perusahaan maupun pemerintahan.

Perusahaan

Pangsa pasar yang kedua adalah perusahaan, tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Tampaknya selama perusahaan tersebut butuh untuk memasarkan dirinya, selama itulah pula bisnis digital printing Anda bisa menyasar pangsa pasar satu ini. Misalnya saja untuk perusahaan perbankan, food and beverage, rokok, properti, sampai fashion, semuanya bisa jadi potensi pangsa pasar. Karena mereka perlu memasang banner, sampai spanduk, atau pun neon box untuk memasarkan bisnis mereka.

Biasanya klien perusahaan relatif memberikan orderan dalam jumlah yang besar, tapi di sisi lain menuntut kualitas tinggi dan ketepatan waktu. Di sisi lain pula, pastikan Anda punya cadangan biaya untuk cash flow, karena pembayaran dari perusahaan seringkali dilakukan sekaligus 1, 2, atau bahkan 3 bulan sekali. Pangsa pasar satu ini bisa didapatkan dengan memiliki tim yang bertugas untuk “jemput bola” dan melobi perusahaan tersebut. Memang terdengar rumit, tapi kalau sudah deal, hasilnya pasti tidak mengecewakan.

Pemerintahan

Sama seperti perusahaan, pemerintahan juga butuh media untuk mereka mengiklankan sesuatu atau pun menyampaikan informasi tertentu. Misalnya saja, saat momen pemilihan umum, baik itu pemerintah pusat maupun daerah. Dana yang dialokasikan untuk cetakan ini biasa relatif besar, sehingga ini juga jadi salah satu pangsa pasar favorit para pebisnis digital printing.

Sama seperti perusahaan yang memiliki banyak “penggemar”, alias pebisnis digital printing yang menawarkan diri, mengajukan jasa Anda ke pemerintahan juga perlu perjuangan lebih. Misalnya kalau mau dapat order saat pemilihan, Anda bisa melobi KPU, atau pun melobi pemerintah daerah setempat untuk order informasi daerah.

Nah, sebenarnya bila kita jeli, masih banyak sekali pangsa pasar yang bisa kita tuju di sekitar kita. Dengan beberapa pangsa pasar umum yang sudah dijelaskan, kami berharap Anda bisa paham dan menemukan pangsa pasar yang paling sesuai dengan Anda ya!

Setelah kita mengetahui target pasar seperti apa yang harus kita dapatkan, selanjutnya kita harus fokus untuk dapat bersaing dengan kompetitor atau saingan bisnis anda dengan tips berikut ini:

Cara memenangkan persaingan bisnis digital printing

Anda bisa mendapatkan konsultasi gratis dari salah satu konsultan bisnis kami dengan mengisi formulir di samping untuk mengenal lebih jauh target market diatas dan target lainnya, serta cara memulai usaha digital printing yang berkembang dan berkelanjutan.

gambar putih

Konsultasi Bisnis

GRATIS
Jangan buru-buru memulai usaha
sebelum anda konsultasi dg ahlinya
(021) 5316 1450
1000 karakter kiri