Kirim Pesan

Apa Masih Untung Usaha Digital Printing Walau Banyak Saingan?

Biasanya, seseorang memulai usaha karena dua hal. Pertama, melihat adanya permasalahan dan belum adanya solusi yang tepat, jadi Anda memikirkan solusi terbaik dan menghadirkannya ke pasar. Alasan kedua, biasanya karena melihat ada pebisnis lain di bidang usaha tertentu yang sudah sukses, dan Anda berniat mengikuti jejak kesuksesan itu. Apa pun alasan Anda, yang pasti usaha pasti tidak terlepas dari kehadiran saingan.

Tapi tenang, yang namanya saingan tidak secara langsung menurunkan potensi pendapatan bisnis Anda lho. Justru, yang mempengaruhi perkembangan dan potensi pendapatan bisnis Anda adalah usaha percetakan digital Anda sendiri. Misalnya saja terkait bagaimana Anda mengelola usaha digital printing, produk apa yang ditawarkan, dan bagaimana pelayanan yang Anda tawarkan.

Tapi, bagaimana caranya untuk memenangkan persaingan ya?

1. Analisa Kompetitor

Bukan cuma kekurangan, tapi kelebihannya pun patut kita analisa. Ibarat kompas, dengan mengetahui bagaimana pesaing kita berbisnis, kita jadi tahu respon dan arah mana yang harus diambil. Setelahnya, baru deh tinggal kita persiapkan rencana matang-matang.

Hal- hal penting yang patut Anda ketahui dari kompetitor misalnya sebagai berikut:
- Target pelanggan
- Daftar harga
- Strategi pemasaran
- Keunggulan dan hal-hal yang masih perlu diperbaiki

2. Rencanakan “Penyerangan” Untuk Bersaing

Setelah mengetahui detail strategi dari kompetitor, Anda bisa mulai menyusun strategi terbaik untuk mampu bersaing dan mencari celah dari apa yang belum kompetitor lakukan. Misalnya kompetitor tidak melakukan promosi apa pun, nah Anda bisa berikan promosi menarik yang bisa membuat pelanggan memilih tempat Anda. Promosi “3 kali cetak gratis 1 kali cetak”, atau “diskon 50% setiap Hari Jumat” tentunya bisa jadi opsi menggiurkan bagi para konsumen nih. Selain itu, berbagai media promosi seperti flyer, brosur, sampai secara online di media sosial bisa pula Anda jadikan opsi untuk menyentuh lebih banyak customer.

Di samping promosi, pelayanan yang diberikan juga harus yang terbaik. Mulai dari tempat usaha yang bersih dan rapi, sampai tim yang ramah, bertanggungjawab, dan tepat waktu. Kalau Anda bisa memberikan semua yang dibutuhkan customer, bahkan yang tidak diberikan kompetitor, tenang, potensi keuntungan tidak akan beranjak dari Anda.

3. Tingkatkan Efisiensi dan Speed

Merintis usaha baru tentu “aturan main” alias SOPnya belum serumit usaha yang sudah besar dan berjalan lama. Hal ini ternyata bisa jadi keuntungan karena Anda bisa lebih fleksibel dan bertindak serta merespon tren terbaru lebih cepat, tanpa perlu menunggu keputusan sana sini. Dengan keunggulan satu ini, Anda harus buat “aturan main” sesederhana dan seefektif mungkin, agar produksi bisa lebih efisien. Efisiensi ini tentu saja, akan sejalan dengan kecepatan pelayanan yang menjadi kunci sebuah bisnis.

4. Jangan Bersaing Dalam Kerugian

JANGAN BANTING2 HARGA, Harga murah tidak selalu jadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Sayangnya, hal ini yang seringkali dilupakan para pebisnis digital printing, jadinya bersaing hanya sebatas banting-bantingan harga, dan tinggal tunggu mana yang modalnya habis duluan. Karena itu, kalau Anda merasa ada “pertarungan harga” yang tidak bisa bisnis digital printing Anda ikuti, pikirkan cara lain. Misalnya saja dengan menonjolkan keunggulan speed, kualitas yang terbaik, atau pun keuntungan lainnya. Dengan mempertahankan eksistensi dan kualitas bisnis, niscaya potensi keuntungan pun akan selalu ada jalannya.

5. Maksimalkan Penggunaan Alat marketing

Kata siapa usaha kecil tidak bisa bersaing dengan usaha yang sudah eksis sejak lama? Dalam hal marketing, berbagai alat seperti media sosial, situs iklan, sertai lainnya bisa membantu kita menjaring lebih banyak target pasar potensial yang kita inginkan. Dengan perkembangan zaman, promosi secara online sudah menjadi opsi yang efektif dan menguntungkan bagi siapa pun yang memaksimalkannya.

Nah selain kelima hal tersebut di atas, penting juga untuk mengetahui produk apa yang dapat Anda hasilkan dan bagaimana cara memasarkannya. Dengan teknologi mesin digital printing terbaru, nyatanya membuat beragam produk yang unik dan variatif jadi lebih mudah. Misalnya nih, anime atau kartun yang lucu dan menarik, yang Anda proyeksikan menjadi bantal, selimut, atau juga tas. Barang-barang tersebut bisa kemudian Anda jual secara online di marketplace, dan menyasar mereka yang suka dengan anime dan kartun tersebut.

Jika melihat penggemarnya yang begitu banyak, dan bisa membeli produk Anda tersebut, sudah bisa terbayang potensi bisnisnya? Dengan ide yang matang dan eksekusi yang baik, tidak ada yang mustahil! Kalau mau bilang sudah tak lagi untung, salah besar kok. Selama masih ada percetakan dibutuhkan di seluruh Indonesia, selama itu pula bisnis digital printing Anda bisa berjalan, ya toh?

Karena itu ingat, jangan takut untuk mulai sesuatu yang baru, apalagi kalau Anda memang senang menjalani bisnis digital printing ini. Memang, mulai berjalan di suatu lingkungan yang baru ibarat berjalan meraba-raba di tempat gelap. Tapi tenang, Laysander hadir dan bisa berikan Anda pencerahan dangan adanya konsultasi GRATIS. Iya, Anda tidak perlu takut akan “ditodong” untuk beli mesin, karena tujuan utama kami adalah membantu Anda menemukan dan menggali potensi bisnis dan keuntungan usaha Anda!

Bila anda sudah memahami beberapa hal yang telah kami jelaskan di atas, kini masalah utamanya adalah 

Bagaimana cara saya membeli mesin digital printing dan apa saja metode pembayaran yg di sediakan?

Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa berkonsultasi dengan konsultan bisnis yang kami sediakan dengan mengisi form yang tersedia pada halaman ini, layanan ini GRATIS 100% !. anda tidak perlu khawatir, anda tidak perlu membeli apapun dari kami, kami hanya menyediakan layanan ini untuk membantu usaha anda.

  gambar putih

Konsultasi Bisnis

GRATIS
Jangan buru-buru memulai usaha
sebelum anda konsultasi dg ahlinya
(021) 5316 1450
1000 karakter kiri